Sejak awal, air telah menjadi kebutuhan utama yang sangat penting bagi manusia dan mahluk hidup. Meskipun air mudah untuk ditemukan, namun kenyataannya tidak semua daerah mempunyai sumberdaya air yang baik. Bagi sebagian besar wilayah pesisir dan beberapa kota besar, air bersih mungkin sesuatu yang sulit untuk ditemukan saat ini. Untuk masalah ini, sistem pengolahan air bersih menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan air yang berkualitas.

Proses-ROAda banyak sistem pengolahan air bersih, salah satu yang terbaik adalah dengan Teknologi Reverse Osmosis (RO). Sebenarnya Teknologi Rerverse Osmosis telah dikembangkan lebih dari 40 tahun yang lalu untuk sitem pengolahan air. Pada awalnya proses Reverse Osmosis pertama kali digunakan untuk mengolah air laut agar dapat dikonsumsi. Dengan biaya produksi yang lebih murah dibanding teknologi Destilasi, menjadikan teknologi Reverse Osmosi sebagai pilihan terbaik untuk pengolahan air bersih. Bahkan teknologi Reverse Osmosis telah digunakan oleh masyarakat Amerika sejak tahun 1970 an untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Pada sistem Reverse Osmosis menggunakan membran semi-permeable dengan diameter lebih kecil dari 0.0001 mikron ( 500,000 kali lebih kecil dibandingkan sehelai rambut ). Dengan adanya proses penyaringan bertekanan tinggi membran ini berfungsi untuk membuang berbagai kotoran, partikel garam, bahan mikro, bakteri, virus dan sebagainya. Sehingga menjadikan sistem Reverse Osmosis (RO) sebagai metode pengolahan air bersih yang paling efektif.

Berikut adalah beberapa keuntungan Instalasi Pengolahan Air dengan Reverse Osmosis (RO) untuk pengolahan air bersih :

  • Mudah dalam pengoprasian.
  • Air yang diproduksi dapat langsung diminum tanpa harus dimasak dahulu.
  • Lebih hemat energi, umumnya konsumsi energi untuk IPA RO dengan kapasitas kecil hanya membutuhkan sekitar 8-9 kWh.
  • Lebih hemat ruangan. untuk IPA RO dengan kapasitas kecil (5 – 10 m3/hari), seluruh komponen sistem tersebut hanya membutuhkan luas ruangan sekitar 6 – 10m2.
  • Produksi airnya dapat langsung diminum, tanpa dimasak dahulu.
  • Instalasi Penglahan Air RO mudah dipindahkan ke lokasi lain (ada yang terpasang dalam unit mobil RO atau kontainer).
  • Biaya produksi air minum jauh lebih murah dibanding dengan air mineral dalam kemasan.

Dengan kebutuhan akan air bersih yang semakin meningkat setiap harinya, sistem Reverse Osmosis (RO) adalah solusi paling mudah dan hemat untuk pengolahan air bersih saat ini.