Fungsi Klorin Dalam Pengolahan Air Bersih

Masalah sanitasi serta pengolahan air merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Berbagai macam cara digunakan untuk dapat mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan penambahan zat yang dapat membunuh bakteri di dalam air seperti klorin.

Klorin merupakan salah satu unsur yang umum ditemui di Bumi. Namun unsur ini tidak secara alami dalam keadaan murni karena sangat reaktif dan cenderung membentuk senyawa dengan unsur lainnya. Pada suhu di bawah tekanan normal, klorin merupakan sebuah gas berwarna hijau atau kuning yang memiliki masa lebih berat dari udara.

Klorin umumnya banyak digunakan dalam beberapa industri seperti untuk pembuatan plastik, insektisida ( pembasmi hama), Pembuatan obat-obatan, makanan, zat warna, dn masih banyak lagi lainya. Dalam produksi kertas, klorin digunakan untuk menghilangkan tinta pada produksi kertas daur ulang atau dalam bentuk pemutih kayu sebelum diubah menjadi kertas.

Konsentrasi dari klorin sangat rendah sehingga unsur ini dapat di gunakan untuk membunuh organisme patogen serta tetap aman bagi tubuh manusia jika jumlah penggunaanya tepat. Misalnya pemutih yang digunakan untuk mencuci, begitu juga bahan kimia di kolam yang mengandung klorin. Biasanya klorin juga ditambahkan ke instalasi pengolahan air bersih dengan jumlah yang sangat kecil untuk membunuh bakteri.

Penggunaan klorin untuk membunuh bakteri pada air umumnya berbentuk bubuk, cairan atau tablet. Bubuk klorin biasanya mengandung kalsium hipoklorit, sedangkan klorin cair mengandung sodium hipoklorit.

Akan tetapi klorin juga dapat menjadi berbahaya dalam bentuk gas dan terhirup secara berlebihan oleh tubuh manusia, karena sifat toksik klorin merupakan gas yang sangat reaktif. Sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa paparan berulang terhadap gas klorin dari udara dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, darah, jantung dan sistem pernapasan.

Untuk di minum tidak disarankan mengkonsumsi air yang diolah menggunakan bantuan bahan klorin. Anda dapat menggunakan teknologi RO (Reverse Osmosis) untuk mendapatkan kualitas air minum yang aman dan sehat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai RO dan berapa harga dari alat tersebut, anda dapat mengunjungi halaman produk kami. Semoga dapat bermanfaat.