Ciri-ciri Air Minum Yang Bersih dan Sehat

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu anda perlu tahu bagaimana ciri-ciri air yang dianggap aman dalam hal kualitas dan bisa dikonsumsi dalam jumlah cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari manusia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405 / Menkes / SK / XI / 2002 tentang Persyaratan Ketenagakerjaan Dinas Kesehatan dan Industri Lingkungan bahwa ada pemahaman tentang Air Bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan memenuhi kualitas. Ada beberapa persyaratan yang harus dapat dipenuhi air minum sesuai dengan undang-undang hukum yang berlaku antara lain seperti kualitas fisik, kimiawi dan biologis.

Dibawah ini adalah penjelasan tentang Parameter yang spesifik untuk kualitas air yang ditentukan dalam PERMENKES 416/1990.

Parameter fisik

Untuk air bersih dan siap minum tidak berwarna kecuali putih bersih seperti air pada umumnya. Selain dari warna, bau atau aroma juga menjadi salah satu faktor penentu apakah air yang kita minum bersih dan sehat. Air minum sebaiknya tidak berbau karena baunya bisa disebabkan oleh penguraian bahan organik seperti bakteri dan kemungkinan akibat tidak langsung pencemaran lingkungan.

Selain itu, dari segi rasa air minum yang bersih dan sehat memiliki rasa yang segar dan tidak memiliki rasa lain atau hambar. Jika terdapat rasa lain di dalam air maka menunjukkan adanya kandungan tertentu di dalam air tersebut, sehingga merubah rasa baik itu pahit maupun manis yang kemungkinan dapat mengganggu kesehatan.

Parameter kimia

Air minum yang layak untuk di konsumsi tidak boleh mengandung partikel terlarut dan logam berat berkandungan tinggi seperti Hg, Ni, Pb, Zn dan Ag atau menggandung senyawa beracun seperti hidrokarbon dan deterjen. Logam berat akan dapat mengganggu kesehatan karena kebanyakan akan menumpuk di berbagai organ penting pada manusia khususnya di saluran pencernaan, hati dan ginjal.

Dampak dari pengonsumsian air yang menggandung zat kimia berat pada beberapa kasus tidak langsung nampak, melainkan berdampak dalam jangka panjang.

Parameter mikrobiologi

Pengertian parameter mikrobioogi adalah air yang tidak mengandung kuman penyakit seperti disentri, tifoid, kolera dan bakteri patogen yang menyebabkan penyakit.

Dalam air minum 1cc jumlah kuman atau bakteri harus kurang dari 100 serta tidak boleh mengandung bakteri E. coli (bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan) dan juga bakteri patogen.

Jika semua kondisi di atas terpenuhi maka air tersebut sudah layak untuk dikonsumsi menurut ketentuan dari PERMENKES 416/1990. Salah satu yang sudah menerapkan standar ini air sudah memenuhi syarat sebagai air minum, maka air bersih untuk dikonsumsi adalah BPPSPAM dan PDAM.